Pages

Windows Live Writter Tanpa Harus Install

type='html'>window-live-writer Buat blogger pemula, mungkin Windows Live Writter terdengar begitu asing di telinga. Sebenarnya apa itu Windows Live Writter ? sebuah situs yang menyediakan jasa penulisan blog secara offline. lengkap dengan tampilan asli blog. Bayangkan jika sobat menulis postingan tanpa harus online ke internet, cukup lumayan untuk menghemat tagihan internet sobat. smile_nerd

Ada beberapa situs seperti WLW yang cukup terkenal, seperti Post2Blog, Wbloggar, Flock, Scribefire, dan masih banyak lagi situs – situs yang menyediakan jasa penulisan blog.



Jika sobat blogger yang baru berkecimpung di dunia blog, saya sarankan untuk menggunakan WLW. Menulis postingan secara online ? kuno sob ! Kenapa saya jatuh hati pada tools yang satu ini ? selain tampilan yang menarik, WLW juga sangat lengkap di bandingkan beberapa situs yang saya sebutkan diatas. WLW menyediakan plugins yang beraneka ragam, tools – toolsnya pun sangat mudah digunakan. Sobat bisa menggunakan tabel dengan sangat mudah, seperti menggunakan tabel pada MS Office saja, dan sobat bisa menampilkan gambar dengan bermacam variasi, perhatikan gambar – gambar dibawah ini.

mtransit800 SOLAR_FLARE1 ring_XP%20deluxe
abstract015 abstract082 abstract153


Hal tersebut tidak akan sobat temukan pada aplikasi blogger, sobat harus menggunakan aplikasi seperti photoshop atau aplikasi gambar lainnya untuk menampilkan gambar – gambar seperti di atas dan pastinya cukup ribet. Jika sobat tertarik, bisa mendownload WLW di situs – situs berikut ini :




Untuk Plugins sobat bisa kunjungi http://gallery.live.com. Semua tools gratis kok, buat sobat yang ga ada duit, program Windows Live Writter cocok buat sobat..Laughing

Nah, permasalahannya sekarang adalah Windows Live Writter mengharuskan sobat mengupdate windows sobat, tapi sobat coba saja dulu untuk menginstall program WLW ini, jika ada pesan yang mengharuskan sobat untuk mengupadate windows, ya terpaksa sobat harus update windows sobat. Tapi untuk mengupdate windows membutuhkan waktu yang cukup lama karena file updatenya sendiri cukup besar, bagaimana jika sobat menggunakan koneksi internet dengan limit yang terbatas, bisa – bisa proses update gagal, dan sobat tidak dapat apa – apa..cape’ dehh smile_confused

Saya punya solusi untuk menggunakan Windows Live Writter tanpa harus menginstall di komputer. Sobat punya teman dengan program windows xp sp2 yang telah di update, xp sp3 atau windows vista ? jika punya, selesai sudah permasalahannya. Sobat cukup meminjam komputer teman untuk numpang menginstall Windows Live Writter. Sebelum install, sobat koneksikan dulu internetnya, kemudian jalankan proses installasi.

Jika sudah terinstall, sobat tuju halaman :

  1. Windows explorer ---> C:\Program Files ---> Windows Live

  2. Sobat copy saja folder Windows Live tersebut ke flashdisk sobat.

  3. Kemudian tuju :

    C:\Documents and Settings ---> User ---> Application Data ---> Windows Live Writter

  4. Copy folder Windows Live Writter ke flashdisk.

  5. Kemudian menuju komputer sobat, copy paste folder Windows Live yang tadi sobat copy dari komputer teman ke dalam drive komputer sobat, letakkan folder tersebut sesuai keinginan sobat, dan ingat – ingat tempatnya. Misalnya, letakkan pada drive D:\Windows Live.

  6. Kemudian copy paste folder Windows Live Writter ke folder C:\Documents and settings ---> User ---> Application Data ---> ( Letakkan foldernya disini ).

  7. Sambungkan koneksi internet sobat dan coba buka Folder D:\Windows Live ---> Writter ---> cari file WindowsLiveWritter dengan icon pulpen. Nah klik pada file tersebut, jika berhasil akan ada pemberitahuan untuk mengisi jenis blog yang sobat gunakan. Pilih Jenis Blog yang sobat gunakan, kemudian klik Next.

    Setting Blog

  8. Kemudian akan muncul halaman berikut, silahkan isi alamat blog sobat, username dan password, kemudian klik Next. Biarkan Proses upload data blog sobat berjalan, tunggu beberapa menit, jika ditengah jalan terjadi error upload data blog, sobat ulangi saja prosesnya dari awal. Setelah selesai sobat sudah bisa menulis postingan secara offline.

    Username

    Setelah sobat menulis postingan dari WLW selesai, sobat koneksikan internet sobat dan kemudian klik Publish. Maka akan muncul halaman web browser yang memperlihatkan hasil dari postingan sobat lewat WLW tadi.

  9. Jika sobat ingin mengintall plugins, sobat ingat – ingat tempat sobat meletakkan folder Windows Live. Pada saat install plugins, sobat arahkan ke dalam drive tempat sobat meletakkan Windows Live, contoh diatas meletakkan Windows Live di drive D:\Windows Live, maka letakkan plugins di : D:\Windows Live ---> Writter ---> Plugins.



Untuk yang sudah menggunakan read more, sobat arahkan cursor sobat ke tombol Source, kemudian tambahkan kode read more nya. Oke sob, di coba dulu deh biar tau.

Selamat Mencoba ya..smile_teeth